Senin 29 Jun 2015 14:37 WIB

Ini Jalur Kereta yang Dilintasi Pengangkutan Motor Gratis

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ilham
Sejumlah pengendara bermotor memanfatkan jalan sempit pinggiran rel kereta api untuk menyeberangi Banjir Kanal Barat di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Selasa (25/11).   (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Sejumlah pengendara bermotor memanfatkan jalan sempit pinggiran rel kereta api untuk menyeberangi Banjir Kanal Barat di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Selasa (25/11). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim mudik Lebaran 2015 ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memfasilitasi jasa angkut gratis untuk lebih dari 6 ribu sepeda motor. Namun, tidak semua jalur kereta dilintasi layanan angkut motor gratis ini.

Program hasil kerjasama PT KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan ini hanya diberlakukan untuk jalur Utara dan Selatan Jawa.

"Tahun ini dua lintasan, Lintas Utara melewati Cirebon, Tegal, Pekalongan, dan Poncol (Semarang). Sedangkan di Lintas Selatan meliputi Kroya, Kutoarjo Lempuyangan (Yogyakarta), serta Jebres (Solo)," kata Kepala Humas PT KAI, Agus Komaruddin kepada Republika, Senin (28/6).

Agus mengatakan, sarana yang minim mengharuskan PT KAI hanya mampu mengangkut motor di dua jalur. Dia berujar, keterbatasan sarana yang dimiliki PT KAI belum bisa mewujudkan program gratis ini untuk seluruh jalur dan stasiun di setiap kota.

 

"Untuk itu, PT KAI hanya menyediakan dua rangkaian untuk masing-masing keberangkatan setiap harinya," ujar dia.

Untuk mengetahui sisa kuota yang tersisa, kata Agus, masyarakat bisa mengeceknya melalui situs resmi PT KAI maupun Kemenhub.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement