Kamis 25 Jun 2015 14:53 WIB

Menteri Susi Bertekad Hentikan Penyelundupan Bibit Lobster

Lobster laut (ilustrasi).
Foto: redorbit.com
Lobster laut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertekad menghentikan penyelundupan bibit lobster dan memulihkan sumber daya kelautan dan perikanan kawasan perairan Indonesia untuk meningkatkan ekspor sektor perikanan di Tanah Air.

"Penyelundupan bibit lobster masih banyak terjadi," kata Susi di Jakarta, Kamis (25/6).

Dia mengaku akan menyurati duta besar sejumlah negara tetangga, seperti Vietnam dan Singapura yang disinyalir menjadi tempat penerimaan bibit lobster dari Indonesia. Dia menyurati agar kedua negara tidak lagi menerima pengiriman ekspor bibit lobster tersebut.

Susi juga meminta para nelayan di Indonesia agar bersabar dengan tidak menangkap lobster yang masih dalam bentuk bibit.

Selain itu, Susi juga menerima kabar pihaknya bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan telah berhasil mengamankan 13 kontainer berisi ikan dan udang beku di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Sebanyak ke-13 kontainer tersebut yang diduga berasal dari berbagai daerah di Tanah Air itu rencananya bakal diselundupkan ke sejumlah negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya, Menteri Susi juga mengatakan ingin menyontoh kebijakan yang dikeluarkan Australia terkait penangkapan lobster sebagai upaya melestarikan sumber daya laut di kawasan perairan Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement