Kamis 25 Jun 2015 13:38 WIB

Pilkada di Kuansing Diramaikan Banyak Calon

Salah satu perkantoran Pemkab Kuantan Singingi.
Foto: distan.kuansing.go.id
Salah satu perkantoran Pemkab Kuantan Singingi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pilkada serentak akan digelar pada Desember mendatang. Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) telah melakukan survei opini publik terhadap nama-nama tokoh yang bakal maju sebagai calon bupati Kuantan Singingi (Kuansing) dengan tema 'Kuantan Singingi Mencari Pemimpin Dalam Pilkada 2015'. Seperti diketahui, Kabupaten Kuansing pada saat Pilpres 2014, mulanya mimiliki daftar peilih tetap (DPT) 232.174 orang, kemudian diperbaiki menjadi 230.056 pemilih.

Direktur Eksekuti LKPI Malvin Baringbing mengatakan, survei itu digelar mulai 4 hingga 16 Juni 2015, dengan mengunakan metode multistage random sampling, jumlah responden 1.314 warga Kuansing. Tingkat kepercayaan survei 98 persen dan mempunyai margin of error kurang lebih 3,2 persen.

Berdasarkan hasil survei ini juga nampak bahwa keinginan masyarakat Kuansing untuk berpartisipasi dalam pilkada juga tinggi. Ketika responden ditanya apakah mereka akan menggunakan hak pilihnya, sebanyak 56,2 persen menyatakan akan mencoblos. Yang menjawab belum pasti mencoblos sebanyak 43,8 persen.

"Partisipasi masyarakat diperkirakan akan rendah dan jika dilakukan sosialisasi oleh KPU kemungkinan akan meningkat hingga 76 persen, jika tidak berhasil meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 2015 maka Siapapun pemenang dari pilkada ini memperoleh legitimasi yang tinggi," kata Malvin dalam siaran pers, Kamis (25/6).

Dipaparkan Malvin, prasurvei yang mengunakan metadata survei muncul beberapa calon yang berpotensi maju sebagai calon bupati Kuansing. Di antaranya adalah Andi Putra (putra bupati Sukarmis), Muharman (pejabat Pemkab Kuansing), Mardianto Manan (dosen Universitas Islam Riau), Marwan Yohanis (ketua DPD Gerindra Riau), Zulkifli (wakil bupati Kuansing), hingga Nayarlis (anggota DPRD Kuansing).

Dalam temuan survei, kata dia, lima tokoh yang memiliki tingkat popularitas adalah Andi Putra, (89,7 persen), Zulkifli (95,3 persen), Mursini (90,2 persen), Imran (79,3 persen), dan Mardianto Manan (87,3 persen). "Untuk tingkat penerimaan publik terhadap calon bakal bupati Kuantan Singingi adalah Mursini sebesar 28,2 persen dan Zulkifli meraih 18,3 persen, serta Andi Putra 11,2 persen," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement