Rabu 24 Jun 2015 05:33 WIB

Hadapi Arus Mudik, Daop Madiun Lakukan Perbaikan Prasarana

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- PT KAI Daerah Operasional (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur melakukan perbaikan berbagai prasarana yang ada di wilayah kerjanya untuk menghadapi pelaksaanaan angkutan Lebaran tahun 2015.

"Perbaikan prasarana tersebut di antaranya adalah rel kereta api, lokomotif, dan gerbong kereta. Semuanya sudah dilakukan sejak kemarin," ujar Kepala PT KAI Daop 7 Madiun, Windar Prihadi Adji, kepada wartawan di Madiun, Rabu.

Menurut dia, perbaikan rel kereta api di antaranya dilakukan dengan pemeriksaan kondisi rel di seluruh wilayah kerja Daop Madiun. Mulai dari kemiringan rel, lebar rel, hingga pengencangan mur pada rel.

"Hasilnya, kondisi rel di wilayah Daop Madiun dalam keadaan siap digunakan untuk angkutan mudik dan balik Lebaran 2015," ucap Windar.

Sedangkan perbaikan gerbong dan lokomotif disesuaikan dengan kondisi masing-masing prasarana tersebut. Apakah perawatan berkala atau memang dalam keadaan rusak, baik rusak ringan maupun berat.

Adapun bagian yang mendapat perbaikan dan perawatan di antaranya adalah bagian eksterior, interior, sistem kelistrikan, pemasangan alat pendingin ruangan (AC), bagian bawah kereta (bogi), dan juga roda.

Selain masalah kereta, persiapan lain yang dilakukan adalah pengaturan arus penumpang yang akan masuk ke stasiun dan calon penumpang yang akan membeli tiket.

"Kami akan memindahkan semua loket tiket ke zona tiga, sehingga di pintu masuk dan lobi stasiun tidak terjadi tabrakan calon penumpang yang akan membeli tiket dengan yang akan naik kereta," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement