Rabu 24 Jun 2015 21:16 WIB

Sumsel Bidik Wisatawan Cina

Rep: Maspriel Aries/ Red: Yudha Manggala P Putra
Satu sudut Kota Palembang, Sumatra Selatan.
Foto: Antara
Satu sudut Kota Palembang, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Disbudpar Sumsel) tengah gencar melakukan promosi pariwisata ke pasar internasional. Salah satu pasar wisata yang dibidik adalah Cina.

“Kita tahun ini sudah fokus membidik wisatawan dari Tiongkok. Pada 2015 Sumsel menargetkan ada kenaikan jumlah wisatawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Sumsel naik 10 persen,” kata Irene Camelyn pelaksan tugas (Plt) Kepala Disbudpar Sumsel, Rabu (24/6).

Menurut Irene untuk mengundang kedatangan wisatawan dari negeri tirai bambu tersebut, Disbudpar Sumsel melakukan promosi dan bekerjasama dengan biro perjalanan.

“Salah satu strategi pemasaran yang kita lakukan, dalam waktu dekat Disbudpar bersama biro perjalanan akan berkunjung langsung ke kedutaan besar Tiongkok di Jakarta. Kita akan ditawarkan beragam paket wisata, terutama yang memiliki kedekatan dengan warga Tiongkok,” katanya.

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Sumsel menjelaskan, target pertumbuhan 10 persen untuk wisatawan asing asal Cina datang ke Sumsel berarti akan ada penambahan dari kunjungan 2014 lalu sebanyak 8.000 wisatawan Cina.

“Berarti tahun ini kita harapkan bisa meningkat menjadi 8.800 wisatawan,” ujarnya.

Target 8.800 wisatawan menurut Irene Camelyn memang kecil jika melihat data ada 100 juta warga Cina yang melakukan perjalanan keluar negaranya setiap tahun.

Untuk menggaet wisatawan Cina tersebut, Disbudpar Sumsel akan mempromosikan Kota Palembang sebagai salah satu daerah yang  dalam sejarah sempat disinggahi Laksamana Cheng Ho sampai tiga kali.

“Disbudpar Sumsel akan mempromosikan ke dalam dan ke luar negeri program wisata jalur sutra perjalanan Laksamana Cheng Ho. Selain itu promosi juga dilakukan Asosiasi Penulis Pariwsata asal Tiongkok yang mendatangi Palembang beberapa waktu lalu dan mereka sudah melihat langsung peninggalan Kerajaan Sriwijaya di sini,” kata Irene Camelyn.

Selain membidik wisatawan Cina, Disbudpar Sumsel akan meningkatkan kunjungan wisatawan dari Singapura dan Malaysia. Dari dua negara jiran tersebut sudah ada penerbangan langsung menuju ke Palembang tanpa lagi via Jakarta.

Menurut Irene Camelyn, Cina, Singapura dan Malaysia selama ini merupakan penyumbang tertinggi wisatawan internasional yang datang ke Bumi Sriwijaya setiap tahunnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement