Rabu 24 Jun 2015 06:11 WIB

Kemarau Panjang, Damkar Bogor Diminta Siaga Selama Ramadhan

Damkar
Foto: Republika/Yasin Habibi
Damkar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman menginstruksikan regu-regu Pemadam Kebakaran (Damkar) yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk siaga selama bulan Ramadhan.

"Semua perlengkapan dan peralatan pemadam kebakaran harus dalam kondisi siap, tangki air, mesin pompa dan selang penyemprot pastikan semua kondisinya baik," kata Usmar saat melakukan inspeksi mendadak ke Unit Damkar Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Selasa.

Usmar mengatakan, bulan Ramadhan berlangsung selama musim kemarau yang cukup panjang. Kondisi tersebut berpotensi terjadinya kebakaran, terutama saat mudik lebaran, ketika rumah ditinggal pergi oleh pemiliknya.

Kesiapsiagaan petugas Pemadam Kebakaran sangat diperlukan. Namun, kata dia, upaya pencegahan dapat dimulai dari masyarakat.

"Kehati-hatian masyarakat sangat diharapkan, pastikan sebelum keluar rumah kompor gas sudah mati sempurna. Kalau terjadi pemadaman listrik, hindari menggunakan lilin. Atau jauhkan dari tempat-tempat yang mudah terbakar," katanya.

Usmar menyebutkan, Pemadam Kebakaran Kota Bogor memiliki enam armada yang optimal yang siap siaga di tiga pos Damkar yang ada di Pos Utama Sukasari, Pos Unit Yasmin dan Pos Unit Cibuluh.

"Alhamdulillah semua dalam kondisi yang baik dan siap untuk dioperasionalkan," kata Usmar.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement