Selasa 23 Jun 2015 15:28 WIB

Ribuan Warga Dapat Bantuan Biaya Pemasangan Air PDAM

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Tempat pengolahan air milik PDAM Surabaya.
Foto: Wordpress
Tempat pengolahan air milik PDAM Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ribuan warga berpenghasilan rendah di Kabupaten Sukabumi akan mendapatkan bantuan biaya pemasangan air bersih. Hal ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat dalam program masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Data Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jumlah warga yang akan menerima bantuan biaya pemasangan air bersih sebanyak 1.200 orang. Mereka tersebar di lima kecamatan yakni Kabandungan, Caringin, Warungkiara, Kalapanunggal, dan Cikembar.

"Saat ini program pemasangan saluran baru air PDAM untuk MBR tengah berlangsung," ujar Kepala Bagian (Kabag) PDAM Kabupaten Sukabumi, Budi Yarkah kepada wartawan Selasa (23/6).

Program ini akan digulirkan mulai Juni hingga September mendatang.

Menurut Yudi, para warga yang mendapatkan bantuan pemasangan hanya diharuskan membayar biaya sebesar Rp 250 ribu. Biasaya, biaya pemasangan sambungan baru air bersih sebesar Rp 1.250.000 per orang. Sehingga lanjut Yudi, ada keringanan biaya pemasangan sambungan baru.

Hal ini dikarenakan adanya kucuran dana dari pemerintah sebesar Rp 2,6 miliar untuk program air bersih bagi MBR. Dana itu digunakan untuk pemasangan jaringan dan alat ukur PDAM untuk warga di lima kecamatan.

Harapannya, keberadaan sambungan baru ini akan memperluas cakupan air bersih bagi warga di pelosok Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement