Kamis 18 Jun 2015 15:09 WIB

PT KAI Daop VI Perpanjang Perjalanan KA Prameks

Rep: Yulianingsih / Red: Hazliansyah
Kereta Prameks
Foto: kotajogja.com
Kereta Prameks

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Perjalanan kereta api (KA) jarak pendek atau KA Komuter Prambanan Ekspres (Prameks) akan diperpanjang. KA jarak dekat yang semula melayani perjalanan Kotoarjo-Solo ini akan diperpanjang melayani jalur KA relasi Prembun-Solo. Perpanjangan layanan KA Prameks ini akan dilakukan mulai 1 Juli 2015 mendatang.

"Selama ini minat masyarakat terhadap KA jarak dekat Prameks cukup tinggi sehingga kita putuskan peningkatan layanan hingga Prembun," kata Manajer Coorporate Communications PT KAI Daop VI Yogyakarta Gatut Sudiyatmono, kepada wartawan, Kamis (18/6).

Tarif tiket yang dikenakan untuk KA Prameks relasi Prembun-Solo Jebres ini adalah Rp 15.000 sekali perjalanan. Jadwal perjalanan untuk Solo Jebres-Prembun masih menunggu izin dari Dirjen Kereta Api Kementerian Perhubungan dan instruksi dari kantor pusat.

"Untuk jadwalnya masih menunggu pusat. Namun kita harapkan perpanjangan layanan KA ini bisa mengakomodir permintaan konsumen Prembun-Solo," katanya.    

Menurutnya, selain perpanjangan perjalanan KA Prameks pihaknya juga akan memberlakukan tarif baru untuk KA komuter Sriwedari relasi Solo-Yogyakarta. Permberlakuan tarif tiket baru ini juga akan dilakukan 1 Juli mendatang. Tarif baru KA ini adalah Rp 8.000 per penumpang sekali jalan atau turun dari tarif sebelumnya Rp13.000 per penumpang sekali jalan.

Menurutnya, penurunan tarif ini didasarkan atas keputusan direksi dan tarif baru ini tidak hanya berlaku menjelang Lebaran saja tetapi selamanya. 

Menurut dia, tarif yang diberlakukan untuk Sriwedari tersebut akan sama dengan tarif Prambanan Ekspres. Kedua kereta tersebut memperoleh dana public service obligation (PSO) dari pemerintah pusat.

Selain, Sriwedari dan Prambanan Ekspres, di Daerah Operasi VI Yogyakarta juga menjalankan Sidomukti sebagai kereta komuter. Namun, tarif untuk kereta tersebut tidak mengalami penurunan yaitu tetap Rp 20.000 sekali perjalanan.

Saat ini total perjalanan kereta lokal dan komuter di Daerah Operasi VI Yogyakarta adalah 15 kali perjalanan pulang pergi antara Yogyakarta dan Solo atau 30 kali perjalanan setiap hari. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement