Selasa 16 Jun 2015 06:14 WIB

Masyarakat Indonesia Diminta Tingkatkan Konsumsi Ikan

Rep: C72/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak makan ikan
Foto: Amin Madani/Republika
Anak makan ikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masyarakat Indonesia masih terpaku pada dua jenis daging yakni daging ayam dan daging sapi. Tak heran jika tingkat konsumsi ikan di negara maritim ini masih terbilang rendah.

Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria mengatakan, masyarakat Indonesia harus meningkatkan konsumsi ikan. “Konsumsi ikan masyarakat Indonesia adalah 35 kilogram per kapita,” katanya dalam diskusi Pangan Kita bertema "Menata Kelembagaan Pangan" di Cikini, Jakarta Pusat pada Senin (15/6).

Menurutnya, Jepang memilki konsumsi ikan sebesar 50 kilogram per kapita. Peningkatan konsumsi ikan memiliki dampak positif baik bagi nelayan maupun bagi masyarakat yang mengonsumsinya.

Oleh karena itu, ia menilai Indonesia juga membutuhkan lembaga yang fokus dalam bidang pemberdayaan nelayan serta peningkatan konsumsi ikan. “Salah satu persoalan dalam perikanan adalah kebutuhan akan cold storage. Hal ini harus segera dipenuhi demi kesejahteraan nelayan dan kecerdasan anak bangsa,” ujar Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement