Selasa 16 Jun 2015 02:39 WIB

Jelang Ramadhan, Harga Pangan di Jakarta Mulai Naik

Rep: C72/ Red: Indira Rezkisari
Cabai merah
Foto: Antara
Cabai merah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menjelang bulan Ramadhan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia  (RI) meningkatkan perhatiannya terhadap harga pangan. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional.

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba mengatakan, kenaikan harga pangan selalu terjadi saat memasuki bulan Ramadhan. “Saat ini, kenaikan harga juga kembali terjadi,” katanya saat melakukan sidak di Pasar Rumput, Jakarta Pusat pada Senin (15/6).

Dalam sidak itu, ia menemukan kenaikan harga pada beberapa kebutuhan seperti cabai, bawang serta beberapa jenis sayuran. Kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada cabai.

“Saat ini, harga cabai meningkat sekitar Rp 8 ribu per kilogram,” ucap dia. Lima hari yang lalu, harga cabai adalah Rp 30 ribu per kilogram. Kini, harganya meningkat menjadi Rp 38 ribu per kilo.

Selain itu, brokoli, bawang merah dan bawang putih juga telah mengalami kenaikan harga. Rata-rata kenaikan kebutuhan tersebut adalah sekitar Rp 5 ribu per kilogram.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement