Rabu 10 Jun 2015 20:56 WIB
Jokowi Mantu

Selvi: Semoga Pernikahan Saya dan Mas Gibran Langgeng

Calon menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda berpose sebelum mengikuti prosesi siraman di rumahnya  di   Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/6).
Foto: Antara/Maulana Surya
Calon menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda berpose sebelum mengikuti prosesi siraman di rumahnya di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Keluarga besar Selvi Ananda memberikan "angsul-angsul" atau buah tangan kepada mempelai pria yang juga putra Presiden RI Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, pada malam midodareni. "Angsul-angsul" itu merupakan bentuk oleh-oleh balasan atas seserahan yang dibawa mempelai pria saat berkunjung ke kediaman mempelai wanita pada malam midodareni.

"Angsul-angsul" yang diberikan keluarga Selvi Ananda kepada Gibran, berupa sejumlah makanan seperti buah dalam sangkar, kue dalam topeles dan sejenis pakaian yang tersimpan dalam kotak-kotak berwarna merah marun.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka telah membawakan seserahan untuk diberikan kepada Selvi Ananda, pada malam midodareni, Rabu (10/6) malam. Gibran datang berjalan kaki dari rumah orang tuanya, Joko Widodo-Iriana, di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, menuju kediaman Selvi Ananda di Jalan Kutai Raya Gang VII, Sumber, Solo pada pukul 19.00 WIB.

Gibran tidak didampingi Jokowi maupun Iriana, melainkan didampingi oleh sesepuh keluarganya, yakni Miyono Suryosardjono beserta adiknya, Kahiyang Ayu dan sejumlah sanak saudaranya. Tampak dalam rombongan Gibran, Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan.

Rombongan Gibran terlihat membawa seserahan berupa pakaian, tas, sepatu, alat bersolek, parfum, perhiasan, batik, buah dalam sangkar, serta dua buah jadah atau beras ketan berwarna merah muda dan putih. Malam midodareni yang dijalani Selvi-Gibran, Rabu malam, berlangsung selama 1,5 jam, meliputi acara nyantrik, yakni untuk memastikan calon pengantin laki-laki akan hadir dalam akad nikah dan sebagai bukti keluarga calon pengantin perempuan benar-benar siap melakukan prosesi pernikahan pada hari berikutnya.

Prosesi midodareni juga diikuti perkenalan antarkedua keluarga besar dan nasihat dari orang tua pengantin putri kepada calon menantu yang biasa disebut, Sabdo Tomo. Acara dilanjutkan dengan rangkaian penyerahan kancing gelung atau busana pengantin putra yang akan digunakan keesokan harinya.

Selvi pada Rabu siang telah menyatakan harapannya agar pernikahannya mendapatkan doa restu dari seluruh pihak. Dia berharap pernikahannya dengan Gibran diliputi kebahagiaan. "Semoga ke depannya pernikahan saya dengan Mas Gibran langgeng dan bahagia," ujar Selvi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement