Selasa 09 Jun 2015 21:18 WIB

November, Indonesia Resmi Anggota Penuh OPEC

Rep: c85 / Red: Ani Nursalikah
Logo OPEC
Logo OPEC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan resmi bergabung kembali ke dalam keanggotaan penuh Organisasi Negara Eksportir Minyak atau OPEC pada November 2015 mendatang.

"Sekarang kita minta dicabut suspend-nya. Bulan November resmi akan menjadi anggota lagi," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratamaja Puja usai hadiri Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR, Selasa (9/6).

Wiratmaja mengatakan dengan mudah Indonesia akan menjadi anggota OPEC kembali. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu pendiri OPEC.

Ia juga mengatakan Indonesia mengusulkan rapat keanggotaan Indonesia nanti diadakan di Bali. Ia juga mengungkapkan Sekjen OPEC sudah bersedia terkait hal itu.

"Kita malah usulkan di Bali. Sekjennya mau, tapi yang lain tidak tahu," ujar dia.

Sebagai informasi, beberapa negara peserta OPEC telah menyambut dengan baik niat Indonesia untuk kembali menjadi anggota OPEC. Hal itu disampaikan Menteri ESDM, Sudirman Said saat menghadiri undangan “6th International Seminar Organization of The Petroleum Exporting Countries (OPEC)” yang dilaksanakan pada 3-4 Juni 2015 di Hofburg Palace, Wina, Austria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement