Senin 08 Jun 2015 11:50 WIB

90 Panwascam Karawang Siap Amankan Pilkada

 Petugas KPU Jabar memerlihatkan contoh kertas suara Pilgub Jabar 2013 di kantor KPU Jabar, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/1).
Foto: Antara/Agus Bebeng
Petugas KPU Jabar memerlihatkan contoh kertas suara Pilgub Jabar 2013 di kantor KPU Jabar, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/1).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Tahapan persiapan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) sudah dimulai. Saat ini, sebanyak 90 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas menjadi ‘wasit’ Pilkada Kabupaten Karawang pada 2015, secara resmi sudah dilantik.

Pelantikan anggota Panwascam disaksikan Plt Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana serta Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang, Samsuri S Ip. Plt Bupati mengatakan, bahwa dalam waktu dekat ini Karawang akan menyelenggarakan kembali pemilihan bupati dan wakil bupati.

Karena itu, kata dia, merupakan tugas bagi semua, tak hanya putugas, tapi warga Karawang untuk dapat menyukseskannya. “Terlebih bagi yang telah dilantik sebagai anggota panwaslu kecamatan. Penunjukkan sebagai anggota panwaslu kecamatan menuntut tanggung jawab besar dan menjadi tugas berat untuk mengawasi tahapan-tahapan pemilihan,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Plt Bupati, tugas tersebut adalah amanah dan kepercayaan yang harus diemban oleh seluruh anggota panwaslu kecamatan sebagai pengabdian. Untuk itu, anggota panwaslu kecamatan harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada bupati  dan wakil bupati Karawang yang akan datang, sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan aman.

Tugas panwaslu kecamatan ini antara lain melapor ke Panwaslu Kabupaten adanya dugaan tindakan yang mengakibatkan terganggunya tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan.  Selain itu, menyampaikan temuan-temuan dan laporan kepada Panwaslu Kabupaten berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang mengakibatkan terganggunya pelaksanaan pilkada di setiap kecamatan masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement