Sabtu 06 Jun 2015 22:14 WIB

Kemenkop Gandeng PHRI Latih KUKM Pariwisata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Bali Tourism Board (BTB) melatih para pelaku koperasi dan UKM yang bergerak di sektor pariwisata.

Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS ketika dihubungi dari Jakarta, Sabtu, mengatakan pihaknya menggandeng BTB dan PHRI untuk melatih koperasi dan UKM yang bergerak di bidang pariwisata.

"Kami bekerja sama dengan BTB dan PHRI dalam upaya meningkatkan kompetensi KUKM pariwisata," katanya.

Upaya itu, kata dia, diwujudkan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi SDM pariwisata.

"Ini merupakan salah satu dari pelatihan terpadu yang kami laksanakan sekaligus wujud kerja sama antara BTB dan PHRI," katanya.

Hal itu kata dia perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Oleh karena itu, sertifikasi kompetensi tenaga kerja khususnya bagi para Pengelola Homestay menjadi sangat penting.

Prakoso menambahkan, pelatihan perlu diberikan salah satunya juga karena banyak anggota BTB dan PHRI yang meliputi para pengelola "homestay" dan "guide" yang belum memiliki sertifikasi.

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 960 orang dan dilaksanakan di Denpasar, Bali," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan terpadu itu dilaksanakan dalam rangka Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi dan UMKM yang digelar di Aula Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement