Jumat 05 Jun 2015 06:48 WIB

Lima Fakta Unik Ini Ubah Pandangan Anda Tentang Obesitas

Obesitas (Ilustrasi)
Foto: Health
Obesitas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Obesitas atau kegemukan kerap menjadi persoalan bagi seseorang. Obesitas layaknya sebuah polusi pemandangan yang membuat sebagian pengidapnya melakukan berbagai cara menurunkan berat badan. Bagi mereka yang bertahan, muncul sejumlah gerakan 'Big is Beautiful'.

Namun tahukah anda, banyak fakta unik tentang obesitas. Berikut lima fakta untuk anda, barangkali, bisa menjadi pedoman bagi anda menghindari obesitas.

1. Kita mungkin tertawa lepas melihat seseorang mengalami obesitas. Seolah-olah, obesitas merupakan barang langka di dunia. Tapi tahukan anda, sebuah fakta mengkhawatirkan menunjukkan, ternyata lebih banyak orang di dunia yang menderita obesitas daripada kelaparan! Ini merupakan indikasi seberapa besar perbedaan antara si kaya dan si miskin.

2. Salah satu tren yang paling mengganggu yang telah menjadi merajalela di masyarakat adalah makan di luar dan tidak di rumah. Soal fakta, orang yang rutin makan malam atau sarapan di restoran, ternyata dua kali lipat berisiko menjadi gemuk. 

3. Kita mungkin berpikir bahwa Amerika Serikat memiliki orang terbanyak yang mengalami obesitas, belum tentu. Sebab ternyata, faktanya, negara dengan tingkat masyarakat tertinggi obesitas adalah Meksiko.

4. Tak hanya junk food yang bertanggung jawab menyumbang obesitas. Melainkan, perubahan drastis dalam gaya hidup kita yang juga harus disalahkan. Misalnya, kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan sebesar 0,9 kg dalam waktu kurang dari seminggu.

5. Bagi mereka yang mengeluh bahwa mereka mengalami obesitas karena mereka tidak berkeringat banyak, ternyata tak selamanya benar. Faktanya, ketika anda menurunkan berat badan, sebagian besar lemak dibuang melalui karbon dioksida saat kita bernapas. Sedangkan sisanya, diekskresikan melalui air.

sumber : indianews
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement