Kamis 04 Jun 2015 16:05 WIB

Nelayan Tewas Tenggelam Ditarik Gurita Raksasa

Gurita
Gurita

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil mengevakuasi Hendri (24), nelayan Gampong (desa) Ana'ou, Kecamatan Teupah Seulatan, Kabupaten Simeulue, Aceh yang tewas tenggelam ditarik seekor gurita besar saat menyelam di kedalaman 50 meter.

Koordinator Basarnas Pos Simeulu Dwi Hetno mengatakan saat ditemukan tubuh korban masih tenggelam di kedalaman 80 meter, peralatan penyelam compresor serta pakaian korban masih utuh.

"Jasadnya saat dievakuasi masih berada di dasar laut, di tubuhnya masih berbekas lendir ditinggalkan gurita. Informasi masyarakat sekitar dikawasan itu memang ada ikan pari bertanduk dua dan gurita seukuran 4x4 meter boleh dibilang raksasa," katanya, Kamis (4/6).

Hetno menjelaskan, tenggelamnya korban bukan karena tidak bisa berenang akan tetapi murni karena ditarik oleh benda lain. Pada tubuh korban juga tidak ditemukan bekas gigitan ikan hiu ataupun pari, hanya beberapa luka kecil diduga akibat terbentur karang atau tebing laut.

Masyarakat nelayan setempat selain berprofesi sebagai nelayan ikan tangkap maupun mengunakan jaring, sebagian lain juga sebagai penyelam tradisional mencari ikan di dasar laut berjarak sekitar 12 mil dari bibir pantai laut Gosong tujuh Pulau Siumat, Kecamatan Simeulue Timur.

Lokasi berjarak tempuh sekitar 16 kilomoter itu merupakan ladang pencarian masyarakat nelayan tradisional. Para nelayan mengatakan daerah pesisir mulai minim ikan karena kerusakan terumbu karang yang cukup parah sehingga mereka terpaksa berlayar cukup jauh dari daratan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement