Kamis 04 Jun 2015 07:32 WIB

Kepualauan Sangihe Belum Tersentuh BPR

Teller melayani nasabah di banking hall salah satu kantor cabang BPRS Al Salaam, Jakarta, Jumat (13/6).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Teller melayani nasabah di banking hall salah satu kantor cabang BPRS Al Salaam, Jakarta, Jumat (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID,SANGIHE--Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Luctor Tapiheru mengatakan, Kabupaten Kepulauan Sangihe belum tersentuh bank perkreditan rakyat dalam mengembangkan bisnis industri kecil menengah.

"Padahal Kabupaten Kepulauan Sangihe cukup potensial dalam pembiayaan karena memiliki sejumlah industri kecil dan menengah," kata Luctor, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan bahwa penyaluran kredit oleh BPR di wilayah perbatasan dengan negara tetannga Filipina itu, diakui memang masih sangat rendah.

"Penyaluran kredit BPR di Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan langsung dengan Filipina masih sangat rendah, lebih khusus Kabupaten Kepulauan Sangihe sama sekali belum tersentuh BPR," kata Luctor lagi.

Data perbankan Sulut, pembiayaan dan penghimpunan dana BPR di kabupetan tersebut sama sekali belum ada hingga Maret 2015.

Plt Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara Dwi Suharyanto mengatakan, pihaknya akan mendorong BPR berperan optimal meningkatkan ekonomi di daerah.

"BPR terus didorong kinerjanya bukan hanya dari sisi laba, tapi juga penghimpunan dana masyarakat dan penyaluran kredit," katanya pula.

OJK terus melakukan evaluasi atas kinerja dan permasalahan yang dihadapi BPR serta rencana kerja ke depan, untuk mendorong peran BPR yang lebih optimal.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement