Selasa 02 Jun 2015 14:23 WIB

Menteri ESDM: Gedung Pemerintah Wajib Pasang Panel Surya

Rep: C85/ Red: Bayu Hermawan
Menteri ESDM Sudirman Said.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menteri ESDM Sudirman Said.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berencana akan mewajibkan gedung pemerintahan di beberapa kota, untuk memasang panel surya sebagai sumber energi mandiri.

Sudirman mengatakan, hal ini untuk mendukung target pemerintah meningkatkan pemanfaatan sumber energi baru terbarukan sebesar 19 persen dari bauran energi pada 2019 mendatang.

"Jadi gedung pemerintahan di beberapa kota akan dipasangi panel sel surya, dan geotermal akan kita collect lagi dan identifikasi lagi dan pemerintah akan investasi untuk eksplorasi sebagaimana di migas. Ini akan percepat semua," ujarnya, Senin (1/6).

Sebelumnya, Sudirman menegaskan keseriusannya untuk menggarap proyek energi baru terbarukan. Hal ini mengingat tingginya konsumsi bahan bakar fosil yang terus melonjak, diiringi merosotnya produksi minyak dan gas bumi. Energi baru terbarukan dinilai menjadi jalan keluar bagi permasalahan ini.

"Kalau saat ini kan, kira kira 5 sampai 6 persen porsinya. Dan 2019 nanti rencananya 19 persen. Menurut saya ini perlu dipercepat. Caranya, saya sampaikan budget tahun depan akan naik signifikan dan kemudian akan ada inisiasi hutan energi, kebun energi, dan kota kota tadi dipercepat pemasangan instalasi gasnya," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement