Senin 01 Jun 2015 02:36 WIB

TPA Sampah Cikundul Hampir Penuh

Rep: Riga Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) (Ilustrasi)
Foto: Antara
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi tengah mencari lahan pengganti untuk tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Pasalnya, kondisi TPA Cikundul Kecamatan Lembursitu sudah hampir penuh.

‘’Kondisi TPA hampir penuh karena usianya sudah 30 tahunan,’’ terang Kepala Dinas Pengelolaan Sampah, Pertamanan, dan Pemakaman (DPSPP) Kota Sukabumi Lilis Astri Suryanita kepada Republika, Ahad (31/5).

Oleh karena itu pemkot sudah sejak lama mencari TPA sampah pengganti. Terlebih kata Lilis, jumlah penduduk Kota Sukabumi semakin banyak dibandingkan sebelumnya. Saat ini diperkirakan jumlah penduduk Kota Sukabumi sebanyak 350 ribu orang.

Dampaknya, volume sampah juga semakin banyak. Saat ini volume sampah yang dibawa ke TPA mencapai sebanyak 140-150 ton per harinya. Diakui Lilis, upaya mencari lahan untuk TPA pengganti tidak mudah.

Hal ini dikarenakan luas Kota Sukabumi sangat tidak memungkinkan untuk membangun TPA.‘’ Sehingga pemerintab pusat mengimbau setiap kabupaten/kota untuk membangun TPA regional atau TPA bersama,’’ terang Lilis.

Daerah yang memungkinkan untuk kerjasama hanya Kabupaten Sukabumi dan Cianjur.L ilis mengungkapkan, Pemkot Sukabumi sebenarnya sudah menjalin perjanjian kerjasama daerah (PKS) dengan Pemkab Sukabumi.

Namun khusus untuk pembangunan TPA belum ada tindak lanjutnya.Padahal lanjut Lilis, upaya pembangunan TPA bersama ini sepenuhnya akan dibantu pemerintah pusat. Mulai dari pembelian lahan hingga pembangunan sarana dan prasarana di TPA sampah.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement