Ahad 31 May 2015 00:32 WIB

SPBU Khusus Nelayan Mulai Dibangun

Nelayan
Foto: Eric Ireng/Antara
Nelayan

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA PEMBUANG -- Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) khusus untuk melayani nelayan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mulai dibangun.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Seruyan Priyo Widagdo mengatakan proyek pembangunan SPBU khusus nelayan atau solar packed dialer nelayan (SPDN) menelan dana hampir satu miliar.

"Target kita SPDN itu dapat selesai dibangun dan dioperasionalkan pada 2015 ini juga," katanya, Sabtu (30/5).

Ia mengatakan, SPDN yang dibangun dekat Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sungai Undang di Kuala Pembuang rencananya akan melayani kebutuhan 500 nelayan dengan kuota solar 60 ribu liter/bulan.

"Nelayan akan mendapatkan solar di SPND dengan menunjukkan kartu nelayan, dan sejauh ini ada 500 kartu nelayan yang sudah kita distribusikan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Seruan Junadi menuturkan, kuota solar 60 ribu/bulan itu dapat memenuhi kebutuhan 500 nelayan dengan catatan tidak semua nelayan pergi ke laut untuk mencari ikan.

"Karena kalau kita ambil rata-rata kebutuhan solar nelayan mencapai 10 liter/hari/nelayan, tentu kuota itu tidak mencukupi, tapi kalau tidak semua pergi melaut atau mencari ikan, maka kemungkinan besar akan tetap tercukupi," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement