Jumat 29 May 2015 17:21 WIB

Surabaya Bakal Gelar Jambore Sepeda Tua

Rep: Andi Nurroni/ Red: Dwi Murdaningsih
Para penggemar sepeda tua dengan memakai bendera-bendera peserta KAA memarkir sepedanya di Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Ahad (19/4). (Edi Yusuf/Republika)
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Para penggemar sepeda tua dengan memakai bendera-bendera peserta KAA memarkir sepedanya di Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Ahad (19/4). (Edi Yusuf/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Satu lagi ajang seru akan digelar di Kota Surabaya sebagai rangkaian HUT ke-722 Kota Pahlawan. Bertepatan dengan puncak peringatan HUT ke-722 Kota Surabaya, 31 Mei mendatang, jalanan Kota Surabaya akan dipenuhi peminat sepeda tua dari seluruh Indonesia.

Para pencinta sepeda tua dari berbagai komunitas di tanah air dijadwalkan datang memeriahkan ajang Jambore Sepeda Tua 2015 yang digelar Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, bekerja sama dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Korwil Jawa Timur.

Kepala Dispora Kota Surabaya M Afghani Wardhana mengatakan, sedikitnya akan ada 2500 peminat sepeda tua yang akan ikut ambil bagian dalam acara tahunan ini. Mereka berasal dari berbagai kota di Jawa Timur, beberapa kota di Jawa Barat seperti Bandung, Cibinong, Majalengka, bahkan luar Jawa seperti Lombok .

Menurut Afghani, ajang Jambore Sepeda Tua 2015 tersebut, selain bertujuan untuk memeriahkan HUT ke-722 Kota Surabaya, kegaitan juga dimaksudkan untuk melestarikan keberadaan sepeda tua. “Event tahunan ini diharapkan juga mampu membangkitkan nasionalisme. Karena pesertanya nanti akan memakai kostum pejuang,” ujar Afghany.

Afghany menjelaskan, sehari sebelum iring-iringan bersepeda, pada Sabtu (30/5) malam, Dispora bersama Kosti akan menggelar acara hiburan, seperti lomba ‘joko/perawan ngonthel’, lomba sepeda lambat dan juga lomba joged. “Sabtu malam ada acara hiburan, baru Minggu pagi mulai lombany ,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement