Rabu 27 May 2015 16:11 WIB

Wakil PM Cina Batal Makan Malam dengan Aher

Rep: Arie Lukhardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wakil Perdana Menteri Cina Liu Yandong.
Foto: Reuters
Wakil Perdana Menteri Cina Liu Yandong.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wakil Perdana Menteri Cina Liu Yandong dijadwalkan melakukan kunjungan kebudayaan ke Kota Bandung pada Jumat (29/5) mendatang. Di antara kunjungannya tersebut, ada beberapa agenda yang akan dijalankan Liu Yandong selama berada di Kota Kembang.

Salah satunya, agenda makan malam dengan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Namun, kini menurut informasi terbaru, khusus untuk agenda makan malam tersebut terdapat perubahan.

"Awalnya sebetulnya merencanakan sebetulnya ketemu dengan gubernur pada saat kedatangan dan kepulangan," ujar Kepala Biro Otda dan Kerjasama Setda Jabar Taufik BS kepada wartawan, Selasa (26/5).

Menurut Taufik, Wakil PM Cina, datang ke Bandung karena ingin melihat kebudayaan Cina di Indonesia. Jadi, akan mengunjungi Maranatha yang sudah memiliki chines corner dan ada bahasa Cina mandarin. "Nah mereka ingin lihat kebudayaan di sana," katanya.

Kemudian, kata dia, Yangdong juga akan ke Gedung Merdeka untuk melihat sejarah KAA. Kemudian, melihat pameran foto dan film. " Persiapannya kita sudah ketemu dengan kementerian," katanya.

Kunjungan ini dilakukan, kata dia, menindak lanjuti penandantangan MoU dengan 11 Kementerian di Jakarta, tanggal 26 Mei.

"Kerja sama ini, menindaklanjuti pertemuan presiden dengan presiden RRC waktu ke Sanghai. Jadi ke Jabar, Bandung, DIY dan Bali," katanya.

Menurut Staf protokoler Kementerian Luar Negeri yang  menggelar rapat dengan jajaran Pemprov Jabar dan Kodam III Siliwangi serta Polda Jabar mengatakan Liu akan tiba di Bandung setelah sebelumnya datang dari Yogyakarta.

Rombongan akan tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung lalu meluncur ke Universitas Maranatha untuk melihat Confusius Institute yang ada di sana. Selanjutnya akan mengunjungi Gedung Merdeka dan melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

“Tadinya dijadwalkan makan malam dengan Bapak Gubernur namun karena kepadatan jadwal diganti dengan bertemu Pak Wali Kota,” kata staf yang enggan disebutkan namanya.

Menurutnya karena kunjungan kali ini bersifat kebudayaan, maka Liu akan lebih banyak menghadiri agenda yang sudah disiapkan seperti pameran foto Zhou Enlai untuk selanjutnya kembali terbang ke Bali.

Liu sendiri sudah berada di Indonesia sejak Senin (26/5) pekan ini. Hari ini dia dijadwalkan menjadi keynote speaker di Universitas Indonesia, bertemu Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement