Senin 25 May 2015 16:28 WIB

Jokowi: Indonesia Adalah Jamu

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Ilham
Presiden Jokowi pada malam peringatan Hari Film Nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/3).
Foto: Antara
Presiden Jokowi pada malam peringatan Hari Film Nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk merutinkan budaya minum jamu. Selain menyehatkan, mantan Wali Kota Solo itu menilai jamu merupakan produk asli Indonesia.

Presiden mengakui jamu sebagai minuman yang rutin diminumnya lebih dari 17 tahun lalu. ''Saya sudah sampaikan kepada siapapun bahwa itu (jamu) memberikan efek yang sangat terasa,'' kata dia dalam Acara Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VII Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia (GP Jamu) 2015, Istana Negara, Jakarta, Senin (25/5).

Presiden mengakui jamu merupakan minuman kesehatan favoritnya. Selain itu, jamu merupakan warisan budaya yang harus secara serius dikembangkan. Tujuannya, agar terbentuk citra yang kuat bahwa jamu adalah produk asli Indonesia. ''Indonesia adalah jamu,'' kata dia.

Presiden juga menanyakan kepada para pejabat negara alasan jamu tidak bisa masuk ke negara mereka. Dijelaskan, di belahan dunia manapun proteksi makanan dan minuman impor ketat dan berat. Hal tersebut harus dicarikan solusinya.

Dia menyatakan, harus ada kerja sama yang baik antarlembaga dan kementerian untuk membuat jamu mendunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement