Senin 25 May 2015 03:55 WIB

Menkeu: Banyak Kabupaten Lakukan Pemborosan

Rep: C72/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bambang Brodjonegoro Menteri Keuangan
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Bambang Brodjonegoro Menteri Keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, banyak kabupaten yang lakukan pemborosan anggaran. Hal itu terlihat dari alokasi yang ditetapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Pemborosan terlihat dari alokasi belanja pegawai,” katanya dalam Diskusi Forum Senator untuk Rakyat dengan tema “Menagih janji kesejahteraan daerah” di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat pada Ahad (24/5).

Menurutnya, salah satu daerah yang melakukan pemborosan adalah Aceh. Hal itu terlihat dari tingginya alokasi belanja pegawai di Aceh. “Belanja pegawai Aceh hingga 80 persen dari APBD,” ucap Bambang.

Pemborosan juga terlihat dari adanya 45 persen kabupaten kota di Indonesia yang mengalokasikan belanja pegawai hingga 50 persen dari APBD. Ia berharap, seluruh kabupaten di Indonesia memberikan prioritas terhadap belaja modal, bukan belanja pegawai.

Karena, lanjut Bambang, belanja modal dinilai lebih produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan daerah. “Pemerintah Daerah harus melakukan inovasi alokasi anggaran. Sehingga, APBD dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement