Jumat 22 May 2015 17:41 WIB
Penelantaran Anak

Keluarga Sepakat Ambil Hak Asuh Lima Anak Utomo

Rep: c15/ Red: Hazliansyah
Anak telantar. Ilustrasi
Foto: Reuters
Anak telantar. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KRAMAT JATI -- Melihat kondisi Utomo dan Nurindria yang masih labil, keluarga sepakat untuk mengambil hak asuh lima anak mereka. Keluarga sudah mengadakan rapat bersama untuk mengambil alih kelima anak sampai kondisi Utomo dan Nurindria benar benar pulih.

"Perlu waktu, anak-anak butuh menghilangkan rasa traumanya, Utomo dan Nurindria juga masih perlu mengembalikan kesadarannya baru bisa diharmonisasi," ujar Handika selaku kuasa hukum Utomo saat ditemui Republika, Jumat (22/5).

Handika sempat menuturkan, keluarga Utomo mengaku sedih dan kaget atas prilaku anak sulungnya ini. Komunikasi memang sempat terputus selama enam bulan terkahir. Utomo menjadi orang yang asing dan tidak pernah bertegur dengan keluarga.

Selain itu, kondisi anak anak yang masih butuh pemulihan psikis menjadi pertimbangan keluarga untuk bisa membawa anak-anak dalam lingkungan yang berbeda. Lagipula, menurut Handika, selama ini anak-anak tersebut dari kecil memang diasuh oleh ibu Utomo.

Hal senada juga diutarakan Erlinda selaku Sekertaris Jendral KPAI. Erlinda mengatakan, niatan keluarga untuk mengambil alih asuhan lima anak tersebut sudah disampaikan ke KPAI. Erlinda juga setuju hal tersebut, meski ada beberapa mekanisme yang harus dilalui.

"Assesment untuk pengambilalihan hak asuh sudah berjalan sekitar 30 sampai 40 persen, jika sudah siap tinggal kita serahkan anak-anaknya," ujar Erlinda saat ditemui Republika di RS. Polri, Jumat (22/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement