Kamis 21 May 2015 11:33 WIB
Beras Plastik

Konsumsi Beras Plastik Lima Tahun Lagi Kena Kanker

Rep: c39/ Red: Joko Sadewo
Beras Plastik
Foto: Antara/Risky Andrianto
Beras Plastik

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Beredarnya beras plastik di Pasar Mutiara Gading, Kota Bekasi akhirnya menemukan titik terang, PT Sucopindo sebagai perusahaan yang melakukan pengujian laboratorium merilis bahwa plastik tersebut merupakan plastik oplosan.

Kabag pengujian PT sucopindo, Adisam ZN mengatakan bahwa beras tersebut mengandung senyawa polyvinyl chloride. "Orang yang memakan beras ini akan mengalami sakit perut dan dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun akan mengalami penyakit kanker," kata Adisam di Kantor Wali Kota Bekasi, Kamis (21/5).

Dalam pengujian ini diambil dua sampel beras. Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan beras tersebut merupakan beras oplosan yang mengandung bahan baku pipa dan kabel."Selanjutnya kita akan melakukan pemeriksaan, baik di pasar tradisional ataupun pasar modern," kata Pepen, sapaan akrab Rahmat Effendi.

Ditambahkannya, pihak kepolisian sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut. "Kami tetap melakukan penyelidikan dari mana asal beras itu dari mana? dan siapa saja yang terlibat,"kata Pepen.

Hasil identifikasi kandungan plasticer plastiknya sebagai berikut:

1. BBP (Benzyl Butyl Phtalate)

2. DEHP (Bis (2-ethylhexy phtalate)

3. DINP (diisonony phtalate).n c39/Muhyiddin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement