Ahad 17 May 2015 17:50 WIB

Bangladesh Siap Pulangkan Warganya dari Aceh

Ratusan pengungsi Rohingya terdampar di Laut Aceh tepatnya di Desa Meunasah Sagoe,  Seuneudon, Aceh Utara, Aceh, Ahad (10/5). (Antara/Syifa)
Ratusan pengungsi Rohingya terdampar di Laut Aceh tepatnya di Desa Meunasah Sagoe, Seuneudon, Aceh Utara, Aceh, Ahad (10/5). (Antara/Syifa)

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE -- Pemerintah Bangladesh menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah membantu warganya yang terdampar di Kota Langsa. Bangladesh berjanji akan segera memulangkan warganya yang mengungsi untuk pulang ke negaranya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah daerah yang telah menerima warga kami. Dalam waktu dekat, kami akan pulangkan 720 orang ini ke Bangladesh," kata Dubes Bangladesh untuk Indonesia MD Nasmul Quaunine, Ahad (17/5).

Dijelaskannya, saat ini Badan PBB yang menangani Pengungsi (UNHCR), International Organization for Migration (IOM) dan Imigrasi sedang melakukan pendataan. Dubes Nasmul Quaunine juga menempatkan tiga orang stafnya untuk mendata warganya yang kemudian dideportasi.

Pemerintah Bangladesh, lanjutnya, akan segera melakukan langkah terhadap warganya yang meninggalkan negara itu sejak 2,5 bulan lalu. Sebelumnya, Dubes Bangladesh sempat berbincang dengan sejumlah warganya.

Sedangkan 70 orang manusia perahu asal Rohingya, Myanmar, belum dikatahui nasibnya. Apakah mereka akan tetap bertahan di Aceh atau ada alternatif lain yang akan dilakukan pemerintah. Sejauh ini tidak ada kejelasan dari Pemerintah Myanmar untuk hal itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement