Kamis 14 May 2015 16:35 WIB

Amien Rais: Pemerintah Belum Bisa Mengatasi Mafia Beras

Rep: Heri Purwata/ Red: Bayu Hermawan
Ketua MPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.
Foto: Antara
Ketua MPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -- Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais mengatakan pemerintah yang sudah berusia 70 tahun belum berhasil mengatasi mafia komoditi pertanian. Akibatnya, para petani mengalami kemiskinan yang berkepanjangan hingga saat ini.

"Hingga saat ini, pemerintah lebih suka membeli gabah dari Vietnam, dan Thailand dengan harga internasional. Ini kenyataan yang sangat bodoh," kata Amien Rais di Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (14/5).

Amien menjelaskan, pemerintah memutuskan untuk mengimpor beras karena desakan mafia yang sangat kuat. Sebab dengan membeli beras impor, para mafia akan mendapatkan margin yang jumlahnya triliunan rupiah.

"Pemerintah belum bisa mengatasi mafia beras dan komoditas pertanian. Sehingga para petani belum sejahtera," tegasnya.

Amien Rais sangat mengapresiasi Majelis Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (MEPM) PC Muhammadiyah Jatinom, Klaten, Jawa Tengah yang telah merintis pemberdayaan ekonomi bagi warganya. Pemberdayaan dilakukan melalui pemeliharaan lele dan membuat pembibitan lele.

Usaha MEPM ini dinilai Amien sebagai usaha untuk memberdayakan umat. Usaha ekonomi harus dimulai dari sedikit agar kekuatan ekonomi umat terus berkembang. Sebab bangsa yang tidak kuat ekonomi akan selamanya menjadi bangsa jongos.

"Kekuatan umat tergantung pada posisi ekonomi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement