Rabu 13 May 2015 18:26 WIB

Kabupaten Ini Punya Program Ibu Asuh

Sejumlah kendaraan keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi)
Foto: Antara/M Ali Khumaini
Sejumlah kendaraan keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemerintah kabupaten Purwakarta memiliki program ibu asuh. Program ini mewajibkan seluruh Pegawan Negeri Sipil (PNS) wajib memiliki ibu asuh janda yang lanjut usia.

Hal tersebut sudah dicontohkan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Ia telah menjadikan Ny Anami, seorang nenek yang diperkirakan berusia 140 tahun, sebagai ibu asuhnya yang ke-55.

"Emak Anami sudah saya angkat jadi ibu asuh. Jadi, sekarang, saya sudah memiliki 55 ibu asuh," katanya, Rabu (13/5).

Dengan diangkatnya Ny Anami sebagai ibu asuh, maka bupati mewajibkan dirinya untuk memberi nafkah nenek tertua itu setiap bulan.

Pada Selasa (13/5), bupati menerima kunjungan Ny Anami dan keluarga. Kedatangan nenek yang sudah menikah empat kali itu bertujuan untuk meminta restu terkait rencananya mengikuti sayembara manusia tertua di dunia, di Rusia.

Bupati mengaku mendukung ibu asuhnya mengikuti sayembara manusia tertua di dunia. Tetapi sebelum diikutsertakan dalam sayembara, Ny Anami perlu dites secara medis untuk mengetahui secara riil usianya.

Jika usia Ny Anami secara riil benar atau mendekati usia 140 tahun, maka nenek yang memiliki 12 anak itu berpotensi memenangkan sayembara manusia tertua di dunia.

Sesuai dengan informasi, sayembara itu digelar oleh miliarder asal Rusia, Dmitry Kaminsky. Hadiah dari sayembara itu mencapai sekitar Rp13 miliar.

Untuk tahap awal persiapan, Ny Anami, warga Kampung Bungur Sarang, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, itu perlu dicek secara medis untuk mengetahui usianya secara pasti.

Saat ini, perempuan tertua di dunia dipegang Jeralean Talley asal Amerika Serikat. Sedangkan sebelumnya, rekor usia terpanjang dipegang Jeanne Calment asal Prancis.

Tetapi ia meninggal dunia saat memasuki usia 122,5 tahun pada tahun 2007.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement