Ahad 10 May 2015 17:16 WIB

PT KAI Siapkan Sembilan KA Tambahan Lebaran

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Angga Indrawan
Perubahan Jadwal dan Tarif KA: Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (1/4).   (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Perubahan Jadwal dan Tarif KA: Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (1/4). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk menambah kapasitas angkut selama masa mudik dan balik Lebaran, PT KAI akan mengoperasikan sembilan KA Tambahan Lebaran yang melayani rute kota-kota di jalur selatan.  Kesembilan KA tersebut, enam KA melayani rute  dari dan menuju Jakarta, sedangkan tiga KA lainnya dari dan menuju  Bandung.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono menyebutkan kesembilan KA tersebut terdiri dari enam KA komersial (eksekutif, bisnis dan ekonomi komersial) serta 3 KA lebaran ekonomi bersubsidi pemerintah Public Service Obligation (PSO).

"Ketiga KA tambahan lebaran yang mendapat fasilitas subsidi tersebut terdiri dari KA Kutojaya Utara Lebaran jurusan Kutoarjo-Pasar Senen PP, KA Kutojaya Selatan Lebaran jurusan Kutoarjo-Kiara Condong PP dan KA Pasundan Lebaran jurusan Surabaya-Kiaracondong PP," jelas Surono, Ahad (10/5).

Sedangkan KA Tambahan Lebaran komersial yang dioperasikan terdiri dari  KA Argo Lawu Lebaran jurusan Gambir-Solo, KA Taksaka Lebaran jurusan Gambir Yogya, KA Gajayana Lebaran jurusan Gambir-Malang, KA Purwojaya Lebaran jurusan Pasarsenen- Kutoarjo, dan KA Kutojaya Utara Lebaran jurusan Kutoarjo-Pasarsenen.

Untuk KA komersial tambahan lebaran yang dioperasikan melayani rute Bandung, adalah KA Lodaya Lebaran jurusan Bandung- Solo. Surono juga menyebutkan, untuk pengoperasian KA Tambahan Lebaran tersebut, ada perbedaan antara yang PSO dan non PSO.

"Untuk KA lebaran ekonomi PSO hanya dijalankan selama 16 hari, mulai H -7 sampai dengan H +7 lebaran. Sedangkan KA Lebaran komersial akan dijalankan mulai H -7 sampai dengan H +8 lebaran," jelasnya.

Menurutnya, dengan pengoperasian sembilan KA tambahan Lebaran ini, maka selama masa angkutan lebaran akan ada tambahan tiket sebanyak  9.928 lembar per hari. Jumlah tersebut meliputi tiket keberangkatan dari Jakarta dan tujuan Jakarta masing- masing sebanyak 3.114 lembar tiket per hari, serta keberangkatan dari Bandung ke arah timur dan tujuan Bandung masing- masing sebanyak 1.850 lembar tiket per hari.

Mengenai penjualan tiket KA tambahan lebaran ini, Surono menyebutkan, penjualan sudah mulai dibuka Senin (11/5) dinihari pukul 00.01 untuk keberangkatan tanggal 10 Juli 2015. "Penjualan tiket pada hari selanjutnya, adalah untuk keberangkatan hari selajutnya," kata Surono. Sedangkan untuk tiket  pasca lebaran keberangkatan tanggal 17 sampai dengan 26 Juli 2015, baru akan dibuka penjualannya mulai tanggal 18 Mei 2015 pukul 00.01.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement