Jumat 08 May 2015 08:29 WIB

Persaingan Calon Ketum Partai Demokrat tak Seimbang

Rep: c26/ Red: Damanhuri Zuhri
Partai Demokrat.
Foto: Antara
Partai Demokrat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengungkapkan, persaingan antar calon ketua umum Partai Demokrat tidak seimbang.

Firman mengatakan dapat dipastikan Susilo Bambang Yudhoyono akan memenangkan perlawanan dengan saingannya yakni Marzuki Alie dan I Gede Pasek yang juga menyatakan siap mencalonkan diri.

"Ibarat pay chart, SBY paling tinggi. Peta persaingan sudah tidak seimbang," kata Firman Noor saat dihubungi Republika, Kamis (7/5) malam.

Ia menyebut kekuatan dukungan untuk mantan Presiden Indonesia itu lebih dari 70 persen. Jadi, kecil kemungkinan untuk calon lain dapat menyainginya. Apalagi dukungan dari kader daerah maupun pusat sudah sedemikian besar.

Menurutnya, SBY masih cukup kuat kapasitasnya sehingga membuat kader percaya dirinya bisa membawa partai. ''Jadi, sangat wajar bila kemenangan berada di tangan SBY,'' jelas Firman.

Partai berlambag mercy ini rencananya akan menggelar kongres untuk memilih ketua umum pada 11-13 Mei mendatang.

SBY akhirnya menyatakan siap mencalonkan diri jadi pimpinan partai. Disusul Marzuki dan Gede Pasek. Kongres ini akan diadakan di Kota Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement