Kamis 07 May 2015 06:45 WIB

2.300 Rumah di Kabupaten Cirebon Dapat Listrik Gratis

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Petugas PLN memeriksa kabel jaringan listrik di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (27/1).
Foto: Antara
Petugas PLN memeriksa kabel jaringan listrik di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (27/1).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 2.300 rumah warga yang tidak mampu di Kabupaten Cirebon akan mendapat bantuan pemasangan listrik gratis. Hal tersebut menjadi salah satu program prioritas Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

 

Rumah yang masuk dalam program yang diberi nama ‘Cirebon Terang’ itu tersebar di 75 desa di 36 kecamatan di Kabupaten Cirebon. Setiap rumah itu mendapatkan bantuan listrik gratis dengan taksiran biaya sekitar Rp 1,5 juta dengan kapasitas 450 watt.

 

"Program ini diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu," ujar Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pertambangan (PSDAP) Kabupaten Cirebon, Hermawan, Rabu (6/5).

 

Hermawan menegaskan, warga penerima program tersebut tidak akan dipungut biaya alias gratis. Mereka hanya membayar pemakaian rekening listrik setiap bulannya.  

 

Hermawan menjelaskan, di setiap desa diperkirakan jumlah rumah yang menerima bantuan sebanyak 30 titik. Menurutnya, pihak desa yang akan membuat proposal untuk mengajukan siapa saja warga yang berhak menerima program tersebut, termasuk nama lengkap dan alamatnya.

 

‘’Nanti kami akan melakukan survei (ke rumah tersebut),’’ kata Hermawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement