Rabu 06 May 2015 15:52 WIB
Sabda Raja Yogyakarta

Adik-Adik Sultan HB X Bahas Soal Sabda Raja Kamis Besok

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Bayu Hermawan
Kraton Ngayogyakarta
Foto: Antara/Noveradika
Kraton Ngayogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Adik-adik Sultan Hamengku Buwono X, baik yang tinggal di Yogyakarta (GBPH Prabukusumo, GBPH Yudhaningrat, GBPH Cakradiningrat) maupun yang tinggal di Jakarta, akan melakukan pertemuan Kamis (7/5) sehubungan dengan adanya Sabda Raja.

"Sebelum berbicara dengan adik-adik, rencananya sore ini, sekitar pukul 16.00 WIB. Kami akan ke Imogiri (red. makam Raja-raja) untuk meminta doa restu dan memintakan maaf Ngarso Dalem," kata GBPH Prabukusumo pada wartawan, di kediamannya di Komplek Alun-alun Selatan, Rabu (6/5). 

Dia mengaku belum tahu pertemuan dengan adik-adiknya akan dilaksanakan di mana. Sementara itu di tempat terpisah Sultan HB X mengatakan sudah mengundang adik-adiknya dua kali saat memberikan Sabda Raja.

"Sudah saya undang dua kali tidak datang ya sudah tidak apa-apa. Namanya adik ya saya undang, kan perlu saya undang dan saya jelaskan," ujarnya usai menerima Duta Besar Korea untuk Indonesia Taiyoung Cho di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (6/5).

Ketika ditanya soal ketidaksetujuan adik-adik Sultan HB X terhadap Sabda Raja yang disampaikannya, Sultan mengatakan tidak apa-apa. "Orang lain belum kenal saya  dan tidak setuju dengan saya juga boleh kok," jelasnya.

Ketika ditanya wartawan apakah Sultan Hamengku Buwono X akan mengundang lagi? Sultan menjawab, "tidak perlu". Sementara itu ketika Sultan diminta wartawan untuk menjelaskan tentang Sabda Raja, dia belum mau dan baru akan mengundang wartawan minggu depan.

"Saya tidak mau memberikan pernyataan. Biar yang tidak setuju biar muncul dulu di media. Saya ingin lihat porsi redaksi maunya apa. Minggu depan kami akan mengundang wartawan," katanya sambil memasuki Gedung Wilis Kepatihan Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement