Sabtu 02 May 2015 05:12 WIB

Buruh Butuh Perhatian Pemerintah

Rep: Erdy Nasrul / Red: Esthi Maharani
Demo buruh.
Demo buruh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menilai pemerintah harus memperhatikan nasib buruh. Mereka selama ini kerap mengalami kesulitan meningkatkan taraf hidup, karena sumber daya manusia yang terbatas.

Dedi menjelaskan ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar buruh mengalami peningkatan kesejahteraan. "Pertama pemerintah harus menekan inflasi,” papar Dedi, saat dihubungi, Jumat (1/5).

Hal ini diperlukan agar buruh dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mudah. Kalau inflasi terus, sementara negara diam saja, maka harga melambung tinggi. Buruh akan semakin kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kedua, pemerintah harus memberikan kemudahan pendidikan, kesehatan, dan rekreasi hiburan. Buruh dipastikannya hidup dalam sebuah keluarga. Mereka membutuhkan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Selain itu mereka membutuhkan akses kesehatan dan rekreasi untuk menjaga keharmonisan keluarga. Pemerintah harus bisa menyiasati pengurangan biaya produksi. Retribusi ataupun pungutan untuk perusahaan kalau bisa dialihkan untuk peningkatan kesejahteraan buruh. "Daerah harus diberikan wewenang lebih untuk mengelola sumber daya di wilayahnya," kata Dedi.

Dia memberikan contoh, soal air yang bisa dikelola pemerintah daerah. Begitu juga dengan listrik lokal. Hal ini nantinya akan meringankan biaya produksi dan meningkatkan kesejahteraan buruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement