Sabtu 02 May 2015 16:02 WIB

Buruh Diminta tak Selamanya Jadi Pekerja

Demo buruh.
Demo buruh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Arief Rosyid Hasan meminta buruh untuk tidak selamanya sekadar menjadi pekerja di negeri sendiri.

"Momentum Hari Buruh tahun ini harus terus dimaknai lebih luas agar kita tidak selamanya menjadi sekadar pekerja di rumah sendiri," kata Arief di Jakarta, Jumat (1/5) malam.

Ia mengatakan sejak Indonesia dibangun, bangsa ini sudah diwanti-wanti pendirinya agar tidak menjadi asing di rumah sendiri. Menurut Bung Karno, hal itu karena sesungguhnya Indonesia adalah bangsa besar.

"Tantangan yang dihadapi juga menurut Soekarno tidak lagi mengusir penjajah, tapi karena melawan bangsa sendiri," katanya.

Di saat yang sama, ia juga meminta pemerintah agar membuat regulasi yang sistematis agar kesadaran nation and character building rakyat tetap hidup. "Intinya jangan lagi saling sikut antarbangsa sendiri," katanya.

Apalagi akhir tahun ini Indonesia sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA sendiri menjadi peluang dan ancaman yang serius mengingat dalam bidang ketenagakerjaan, komunitas ini mengisyaratkan dibebaskannya mobilitas tenaga kerja intra-ASEAN.

Hal itu jelas diatur dalam kerangka movement of natural persons yang segaris dengan pandangan WTO. "Ketentuan ini memungkinkan mobilitas kaum profesional (highly skilled) akibat adanya kegiatan perdagangan dan investasi," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement