Jumat 01 May 2015 23:08 WIB

Bupati Sukabumi: APBD tak Cukup Perbaiki Jalan

 Kampung Cigondok Desa Gunung Batu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat,
Foto: Badan Wakaf Alquran
Kampung Cigondok Desa Gunung Batu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat,

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Sukmawijaya mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD daerahnya tidak mampu untuk membiayai perbaikan jalan. Sebab, jalan yang rusak di Sukabumi mencapai 1.750 km.

"Kemampuan APBD setiap tahunnya hanya Rp 150 miliar untuk perbaikan jalan, tetapi dana yang dibutuhkan seharusnya Rp 300 miliar. Atau baru setengahnya kemampuan pemerintah kabupaten untuk membiayai jalan yang rusak," kata Sukmawijaya di Sukabumi, Jumat (1/5).

Menurutnya, dari data jalan yang berstatus milik Kabupaten Sukabumi mencapai 1.000 km, atau sekitar 70 persen dari total panjang jalan yang ada. Panjang jalan yang rusak itu ada yang berkategori ringan, sedang, dan berat, bahkan untuk yang rusak sedang dan berat di atas 750 km.

Ada banyak faktor yang menyebabkan jalan tersebut rusak, seperti banyaknya kendaraan yang bermuatan lebih, minimnya dan banyaknya drainase yang rusak, ditambah faktor alam seperti hujan deras. Namun, untuk kerusakan jalan yang disebabkan bencana alam hanya beberapa, itu pun tidak terlalu besar.

"Kami telah berupaya semaksimal mungkin, untuk memperbaiki jalan yang rusak, tapi karena keterbatasan anggaran kami sulit baik untuk memperbaiki apalagi membuat jalan baru," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement