Kamis 30 Apr 2015 21:47 WIB
Tokoh Perubahan Republika 2014

Bhayu Subrata, Tokoh Inspirator Tilawah Alquran

Rep: C35/ Red: Ilham
Tokoh Perubahan Republika 2014
Foto: Republika
Tokoh Perubahan Republika 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bhayu Subrata, salah satu penerima Penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2014. Ia dinobatkan sebagai tokoh perubahan atas program tilawah yang ia dirikan, One Day One Juz (ODOJ).

Awal mula tercetus program ini tahun 2007, Muslim asal Banjarnegara ini ingin membiasakan diri bertilawah satu juz per hari.

"Sebelum saya mengajak orang lain, saya ingin menargetkan diri saya sendiri dulu. Ketika saya sudah terbiasa dengan satu juz per hari, baru saya berani mengajak orang lain," katanya sebelum acara dimulai, Kamis (30/4).

Ia menggunakan rumus dua kali limat. Yaitu, dua lembar setiap sholat lima waktu. Sehingga setiap selesai sholat lima waktu, dia bertilawah sebanyak dua lembar. Dengan begitu, satu juz (10 lembar) akan terpenuhi dalam sehari.

Pada tahun 200, ia mulai memberanikan diri untuk syiar. Ia menyebarkan seruan ODOJ ini via SMS. Ratusan nomor ia kirimi pesan setiap hari sebagai reminder.

Pada saat itu bentuk programnya adalah tilawah Al Quran dengan juz sesuai tanggal, bisa tanggal masehi maupun hijriyah. Sehingga dalam satu bulan dapat mengkhatamkan tilawah 30 juz.

Dari program kecil tersebut, tak disangka dapat menginspirasi banyak umat muslim di Indonesia dan juga hingga ke luar negeri. Bhayu mengatakan, bahwa untuk tilawah satu juz per hari bukanlah hal yang sulit. Hanya perlu dibiasakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement