Kamis 30 Apr 2015 18:35 WIB

Jelang 'May Day', Buruh Sukabumi Konvoi di Jalan

Rep: Riga Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
 May Day. Hari buruh
May Day. Hari buruh

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ribuan buruh di Kabupaten Sukabumi menggelar konvoi kendaraan di jalanan pada Kamis (30/4). Aksi tersebut sebagai bagian dari perayaan hari buruh atau may day yang jatuh setiap 1 Mei.

Para buruh yang berasal dari Gabungan Serikat Buruh Independent (GSBI) ini menggelar aksi konvoi dari Jalan Siliwang, Desa Benda, Kecamatan Cicurug menuju ke Palaga Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda. Di tempat tersebut sejumlah buruh menggelar aksi teatrikal dalam memperingari hari buruh.

Mereka juga membentangkan beberapa spanduk yang berisi tuntutan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. "Momen hari buruh ini jadi titik tolak untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteran para pekerja,’’ terang salah seorang buruh, Dadang (34 tahun).

Terlebih, saat ini kehidupan para buruh semakin berat dengan tingginya biaya hidup sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Sehingga kata Dadang, sudah selayaknya pemerintah dan kalangan dewan mendorong lahirnya aturan yang melindungi hak-hak para buruh.

Harapannya, para buruh dapat hidup secara layak. Perwakilan buruh lainnya Wahyudin mengatakan, tuntutan paa buruh masih berkutat pada penghapysan sisten kerja outsourcing. Pasalnya, sistem kerja tersebut sangat merugikan para buruh di perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement