Selasa 28 Apr 2015 23:26 WIB

Harga Kebutuhan Pokok di Kudus Mulai Naik

Bawang Merah
Foto: Republika/Prayogi
Bawang Merah

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pekan ini mulai mengalami kenaikan. Kasi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus Sofyan Dhuhri mengatakan, harga kebutuhan pokok masyarakat yang pekan ini mengalami kenaikan, yakni daging kerbau, cabai merah kriting, dan bawang merah.

Sebelumnya, kata dia, harga jual daging kerbau awalnya dijual Rp 105 ribu per kilogram, kemudian naik menjadi Rp110 ribu/kg. Untuk komoditas cabai merah kriting, kata dia, pekan ini naik menjadi Rp 18 ribu/kg dari sebelumnya Rp 14 ribu/kg dan bawang merah Rp26 ribu/kg dari sebelumnya Rp24 ribu/kg.

Sementara kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami penurunan harga, yakni telur ayam ras pekan ini turun Rp 500 menjadi Rp19.500/kg. Mayoritas harga kebutuhan pokok masyarakat lainnya, kata dia, cenderung stabil.

Penyebab beberapa komoditas pokok masyarakat mengalami kenaikan, kata dia, salah satunya karena ketersediaan barang di pasaran yang terbatas. Sebab, lanjut dia, komoditas cabai pada pekan sebelumnya justru turun, seperti cabai merah kriting sempat turun Rp 1.000 menjadi Rp 12.000/kg dan cabai rawit hijau turun Rp 500 menjadi Rp8 ribu/kg.

"Saat ini, stok di pasaran memang terbatas sehingga harga jual cabai, khususnya jenis cabai merah kriting mengalami kenaikan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement