Selasa 28 Apr 2015 15:14 WIB

Malam Hari, Taman Kota di Bandung ‘Seram’

Rep: mj04/ Red: Agus Yulianto
Taman Kota
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Taman Kota

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --Taman-taman di ‘Parisj van Java’ masih perlu perhatian Pemkot Bandung. Pasalnya, sejumlah warga mengeluhkan kurangnya penerangan ketika malam hari pada beberapa taman di Kota Bandung.

Taman-taman yang butuh penerangan lebih itu seperti Taman Lansia, Taman Maluku, Taman Hero dan beberapa taman lain. Kurangnya penerangan tersebut dapat memancing hal negatif terjadi di area sekitar taman, selain iitu menghambat kegiatan positif yang bisa dilakukan di area taman pada malam hari.

Penunjung Taman Lansia, Dedy Cahyani (32 tahun) mengatakan, fasiltas penerangan diperlukan karena banyak warga yang mulai takut jika melewati taman-taman di Bandung yang kondisi penerangannya kurang. Apalagi, akhir-akhir ini, kejahatan semakin meningkat.

Kata dia, banyak warga mengeluhkan kondisi taman yang gelap pada malam hari dan meminta pemerintah memberikan fasilitas penerangan pada taman-taman yang dibuat Pemkot Bandung itu. “Iya, Taman Lansia penerangannya sangat kurang. Memang kalau siang itu nggak masalah. Tapi ketika malam hari kita lewat, Taman Lansia kondisinya agak serem,” kata nya, Selasa (28/01).

Gelapnya kondisi taman pada malam hari juga memicu terjadinya hal-hal negatif di taman tersebut. Beberapa warga sempat melihat kondisi taman yang gelap seperti di Taman Maluku dan Taman Superhero dijadikan tempat ‘mesum’ pasangan muda-mudi. “Saya pernah liat beberapa kali ada orang pacaran di sana,” ujar Risma (37) ujar warga Jl Gandapura, Kota Bandung.

Kurangnya fasilitas di beberapa taman tersebut juga diakui oleh pihak Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung. Perbaikan fasilitas penunjang seperti masalah penerangan akan segera ditindaklanjuti secepatnya.

“Tahun ini, kami akan berikan fasilitas penerangan di beberapa taman. Memang beberapa taman kondisinya sangat gelap di malam hari,” kata Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung, Arief Prasetya.

Arief mengatakan, sudah ada beberapa taman yang diberi fasilitas penerangan, namun itu masih dirasakan kurang bagi warga. Hal itu juga akan segera ditindaklanjuti piihak Dinas Pemakaman dan Pertaman. Namun, kata dia, untuk prioritas terdekat taman yang akan segera diberi fasilitas penerangan adalah Taman Maluku dan Taman lansia.

Taman-taman tematik di Bandung memang mendapatkan respons positif dari waganya. Ide taman tematik ini memberikan ruang bagi warganya untuk wadah menampung kreasi dan aspirasi yang bisa mereka tuangkan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di taman-taman tersebut. N mj04

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement