Senin 27 Apr 2015 10:58 WIB

Bupati Purwakarta Minta Birokrat Contoh Abdi Dalem Keraton Yogyakarta

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Indah Wulandari
Sejumlah abdi dalem mengiringi peti jenazah adik sultan
Foto: Antara
Sejumlah abdi dalem mengiringi peti jenazah adik sultan

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA -- Bupati Purwakarta, Jawa Barat Kang Dedi Mulyadi, prihatin dengan kondisi pekerja birokrat yang tak memiliki spirit totalitas kerja.

"Birokrat kita masih berorientasi pada materi," ujar Kang Dedi, panggilan sang bupati saat menjadi pembicara Seminar Kepemimpinan Inovatif Berbasis Nilai-nilai Kemasyarakatan, Senin (27/4).

Selain itu, ada juga yang salah kaprah dari para birokrat ini. Untuk meningkatkan gengsi, mereka sibuk studi banding ke luar negeri. Padahal, di Indonesia sendiri ada tatanan birokrat yang bagus dan mumpuni. Yakni, birokrasi di Pemprov DI Yogyakarta.

"Tidak usah jauh-jauh studi banding ke luar negeri, sebaiknya birokrat kita belajar pada abdi dalem Kesultanan Jogjakarta," ujarnya.

Abdi dalem di kesultanan itu, mengabdi dengan sepenuh hati. Mereka, tidak berorientasi pada materi meski bergaji sangat rendah.

Tapi, mereka memiliki spirit untuk mengabdi pada sultan dan masyarakat. Karena itu, para birokrat ini harus belajar pada abdi dalem kesultanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement