Sabtu 25 Apr 2015 14:48 WIB

Bandara Ngurah Rai Terbaik ke Tujuh di Dunia

Bandara Ngurah Rai Bali
Foto: Nyoman Budhiana/Antara
Bandara Ngurah Rai Bali

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali berhasil masuk di jajaran bandara terbaik di dunia berdasarkan hasil survei Airport Council International (ACI).

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Herry A Y Sikado di Denpasar, menjelaskan bandara kebanggaan masyarakat Bali itu menduduki posisi ke tujuh di dunia. Penilaian itu berdasarkan kualitas dan pelayanan bandara (ASQ) pada periode Oktober-Desember 2014.

"Berdasarkan survei tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada pada posisi ke tujuh dunia di kategori 15-25 juta penumpang per tahun," katanya, Sabtu (25/4).

Menurut dia, salah satu bandara tersibuk di Indonesia itu berada di atas peringkat Bandara Kansai di Osaka, Jepang, Bandara San Diego California di Amerika Serikat, Bandara Zurich di Swis, Bandara Brisbane Queensland di Australia dan Bandara Manchester di Inggris.

Sedangkan bandara yang berada di peringkat pertama dalam survei ASQ ini adalah Bandara Wuhan Tianhe, Cina.

Dia menjelaskan penilaian tingkat kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh ACI menjadi acuan bagi bandara itu dalam meningkatkan pelayanannya.

"Ini tentu menjadi nilai tambah sekaligus penyemangat bagi kami seiring dengan cita-cita dan mimpi kami menjadi satu dari 10 bandara terbaik di Asia. Bandara I Gusti Ngurah Rai harus dapat terus memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasanya," katanya.

Airport Service Quality (ASQ) merupakan satu-satunya program penilaian global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara. ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia dan berbasis di Montreal, Kanada.

Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini, lanjut dia, antara lain fasilitas pelayanan penumpang dan fasilitas penunjang bandara seperti ketersediaan bank, anjungan tunai mandiri dan penukaran mata uang asing, fasilitas belanja, tempat makan, sarana hiburan di bandara, serta keramahan dan kesigapan staf bandara.

Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian terhadap kepuasan penumpang di lebih dari 250 bandara di dunia.

Adapun metodologi ilmiah yang dilakukan melalu prosedur kualitas yang ketat, termasuk mengukur kepuasan penumpang di bandara dengan mewawancarai sekitar 550 ribu penumpang di bandara, dan meminta mereka menilai tingkat kepuasan atas layanan bandara.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement