Kamis 23 Apr 2015 16:40 WIB

Dua Penambang Pasir Tewas Tertimbun Longsor

Rep: Riga Iman/ Red: Ilham
 Penambang pasir.    (ilustrasi)
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Penambang pasir. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor menerjang penambangan pasir di Kampung Cisarua RT 09 RW 04, Desa Mekarsari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/4). Sebanyak tiga orang warga tertimbun longsor yang terjadi sekitar pukul 11.30. Dua diantaranya tewas.

‘’Ketiga warga tertimbun material dari tebing pasir yang longsor,’’ kata Camat  Kalapanunggal, Pambudi Trisnanto, Kamis (23/4).

Kedua korban jiwa adalah Hendrik (24) dan Dudung (35). Satu korban lainnya yakni Juwardi alias Ijul (50) yang masih dalam kondisi kritis dan mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

Ketiga warga sehari-harinya memang berprofesi sebagai penambang pasir cadas. Pada saat kejadian, ketiganya tengah menjalankan aktivitas menambang di sekitar tebing yang mencapai sekitar 15 meter dari permukaan tanah.

Menurut Pambudi, longsor diduga dipicu karena derasnya intensitas hujan pada Kamis pagi. Dampaknya, tebing pasir mengalami pergerakan dan menimpa warga yang tengah menggali pasir.

Dua warga yang menjadi korban longsor sudah dibawa pulang oleh keluarganya masing-masing. Rencananya, kedua warga akan dimakamkan di tempat pemakaman umum yang ada di sekitar permukiman warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement