Selasa 21 Apr 2015 14:10 WIB

Cimahi Gratiskan Pemeriksaan Kanker Serviks

Rep: c12/ Red: Dwi Murdaningsih
Deteksi dini kanker serviks sebaiknya dilakukan tiga tahun berturut-turut.
Foto: Prayogi/Republika
Deteksi dini kanker serviks sebaiknya dilakukan tiga tahun berturut-turut.

REPUBLIKA.CO.ID,CIMAHI -- Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, menggratiskan pemeriksaan kanker serviks atau leher rahim bagi kaum perempuan. Metode pemeriksaan dilakukan dengan IVA (Inpeksi Visual Asam Asetat) di setiap Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit pemerintah di kota itu.

"Pemeriksaan tes deteksi kanker serviks dengan metode IVA gratis, masyarakat bisa datang saja ke Puskesmas," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti, Selasa (21/4).

Ia menuturkan, Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia dalam melayani pencegahan dini penyakit kanker khususnya bagi kaum perempuan. Ia mengimbau, masyarakat perempuan khususnya yang sudah berhubungan intim untuk aktif memeriksakan diri kewanitaannya sebagai pencegahan dini apabila terdeteksi positif kanker.

Ia berharap, masyarakat yang terdeteksi kanker serviks secara dini dapat lebih mudah dilakukan upaya pengobatan hingga sembuh. "Kami mengajak perempuan untuk memeriksakan diri kesehatan kewanitaannya sebagai pencegahan dan pengobatan sejak dini," katanya.

Selain memberikan pelayanan di Puskesmas, Pemerintah Kota Cimahi juga memiliki 80 Posyandu Penyakit Tidak Menular (PMT) tersebar di setiap kelurahan. Pemkot menyiapkan 312 tenaga penyuluh kesehatan untuk menyosialisasikan tentang kesehatan seperti penerapan pola hidup bersih dan sehat.

"Kami juga memiliki 20 orang tenaga pencegahan kanker," kata Atty.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement