Selasa 21 Apr 2015 07:32 WIB

Iriana Jokowi Luncurkan Program Deteksi Dini Kanker pada Perempuan

Rep: Heri Purwata/ Red: Satya Festiani
Kanker Serviks (ilustrasi)
Foto: akbidmus.ac.id
Kanker Serviks (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Ibu negara, Iriana Joko Widodo, Selasa (21/4), dijadwalkan akan meluncurkan program nasional percepatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan diteksi dini kanker pada perempuan. Peluncuran dipusatkan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Bupati Kulonprogo, H Hasto Wardoyo mengatakan kanker servik pada perempuan di DIY sebesar 4/100 ribu kejadian. Angka ini merupakan tertinggi secara nasional.

Namun Hasto menambahkan angka tersebut sebetulnya belum menunjukkan angka yang sesungguhnya. Sebab warga DIY saat ini yang sudah aktif melakukan pemeriksaan terhadap bagian perempuan.

Sedang di daerah lain belum banyak yang melakukan pemeriksaan seperti di DIY. Sebab memeriksakan bagian perempuan, saat ini masih dianggap tabu dan malu. "Kalau kesadaran untuk memeriksakan bagian perempuan di daerah lain sudah tinggi, mungkin banyak kasus di daerah lain," kata Hasto yang juga dokter spesialis kandungan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement