Senin 20 Apr 2015 07:28 WIB

Revitalisasi Pasar Soreang Tunggu Hasil Kajian Akademik

Rep: C12 / Red: Hazliansyah
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan di Pasar Soreang Kabupaten Bandung, Rabu (3/7) 2013
Foto: www.jabarprov.go.id
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan di Pasar Soreang Kabupaten Bandung, Rabu (3/7) 2013

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bakal segera merevitalisasi Pasar Soreang. Sebelum direvitalisasi, kajian akademik pun dilakukan dan ditargetkan rampung akhir bulan ini.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bandung Popi menyatakan, jika kajian akademik itu selesai dan menyatakan bahwa Pasar Soreang bisa direvitalisasi, maka Pasar tersebut akan dijadikan seperti Pasar Cicalengka.

"Harus menjadi pasar sehat, pasar halal, di dalamnya nanti ada laboratorium mini sehingga semua barangnya sehat dan halal," tutur Popi, Ahad (19/4) kemarin.

Masyarakat pedagang di Pasar Soreang, kata Popi, mendukung upaya revitalisasi ini. Sebab revitalisasi tersebut akan dilakukan secara profesional agar bisa bersaing dengan pasar-pasar modern lain sehingga masyarakat bisa nyaman ketika belanja. 

"Apalagi Soreang akan menjadi kota satelit baru, masak wajah pasarnya seperti itu," tutur dia.

Lewat revitalisasi Pasar Soreang, pasar tradisional akan menjadi pusat bisnis, bukan pasar yang selama ini memiliki kesan kumuh. 

Popi menjelaskan, revitalisasi Pasar Soreang membutuhkan investasi dari pihak swasta. Itu dilakukan karena ia ingin menjadikan pasar tersebut sebagai sarana perekonomian yang terbaik. 

"Pasar Cicalengka punya sentra kerudung, nanti di (Pasar) Soreang juga punya sentra baju muslim," ujar dia.

Kondisi Pasar Soreang saat ini memang sudah tak layak. Terlebih beberapa waktu lalu telah terjadi kebakaran. "Kalau kita lihat setelah kebakaran kemarin, ya pasti sudah tidak layak yah. Tidak dikontrol lagi," tutur dia.

Selain Pasar Soreang, Pasar Banjaran juga akan direvitalisasi dan melibatkan investor. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement