Jumat 17 Apr 2015 23:41 WIB

Aher Ancam Kepsek Perokok

Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan atau Aher melarang, kepala sekolah merokok di sekolah sebagai bentuk dukungan terhadap Program Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

"Selain itu, saya menilai orang yang merokok adalah orang yang mengkhianati ilmunya," katanya usai menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Wilayah dan Tingkat Provinsi Jawa Barat 2014 di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Jumat.

Menurut dia, di lingkungan sekolah, sosok kepala sekolah dan guru-guru menjadi salah satu panutan bagi muridnya. "Kalau di rumah masing-masing dia (kepsek/guru), merokok silakan saja. Tapi, kemudian di depan murid, kemudian mengkampanyekan PHBS itu kan bertentangan," kata dia.

Ia menyebutkan, menurut UNESCO, pendidikan itu berpengaruh 94 persen pada kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya mendukung hidup sehat dan bersih karena hidup sehat merupakan ciri orang yang berpendidikan.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai upaya dukungan Pemprov Jabar dalam program PHBS ialah dengan menggelar LSS. "LSS ini digelar sebagai upaya stimulasi dalam peningkatan kualitas lingkungan dan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat melalui institusi pendidikan," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement