Kamis 16 Apr 2015 14:53 WIB

Wapres JK: Badrodin Orang Baik, Pasti Dilantik

Rep: Dessy S Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Wapres Jusuf Kalla (kanan).
Foto: Antara
Wapres Jusuf Kalla (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pemerintah akan tetap melantik calon Kapolri Badrodin Haiti. Sebab, pemerintah tak memiliki calon lain selain Badrodin.

Selain itu, menurut dia, Badrodin juga dikenal sebagai pribadi yang cukup baik. "Ya tentu, kita tahu semua kan tidak ada calon lain. Dan Badrodin cukup sangat baik orangnya. Jadi kalaupun tidak dipilih ya tetap langsung dilantik karena Jumat besok sudah 20 hari," kata Wapres JK, di kantor Wapres, Jakarta, Kamis (16/4).

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan, diuji atau tidak oleh DPR, Komjen Badrodin Haiti tetap bisa dilantik sebagai Kapolri. Lanjut dia, dalam ketentuan perundang-undangan kepolisian mengatakan, soal calon Kapolri, DPR hanya merupakan lembaga penguji, dan bukan lembaga pemberi keputusan. Itu artinya, apa pun keputusan DPR, tak menghambat pelantikan Komjen Badrodin sebagai Kapolri.

"Tenggat waktunya sampai tanggal 20 (April), nanti. Diuji atau tidak, presiden berhak melantik pak Badrodin sebagai Kapolri," kata Agus. Menurut dia, langkah politik apa pun yang dilakukan DPR tak dapat menjadi penghalang bagi presiden untuk melantik mantan kepala Polda Jatim tersebut. Seperti diketahui, hari ini Komisi III DPR mulai melakukan rangkaian uji kelayakan untuk Komjen Badrodin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement