Rabu 15 Apr 2015 19:07 WIB

Menhub Minta Aher Cari Lokasi Alternatif Pengganti Cilamaya

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Pelabuhan Cilamaya (Ilustrasi)
Foto: IST
Pelabuhan Cilamaya (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan, meminta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, segera menentukan lokasi alternatif pengganti pelabuhan Cilamaya yang batal dibangun. Pemerintah pusat menunggu usulan tersebut.

 

"Cilamaya sudah gak jadi, untuk lokasi kami menunggu pak gubernur  setujunya dimana," ujar Jonan kepada wartawan saat kunjungan ke Gedung Negara Pakuan, Rabu (15/4).

Menurut Jonan, Wakil Presiden Jusuf Kalla memang telah membatalkan pembangunan pelabuhan Cilamaya. Namun, pemerintah pusat telah melakukan kajian di beberapa titik alternatif pengganti Pelabuhan Cilamaya. Sehingga, Ia memerlukan masukan dari Gubernur Jawa Barat.

"Kan kalau melakukan studi dari awal lagi, itu  lama, saya sarankan ke Pak gubernur, untuk memberikan masukan atau penentuan, kira-kira mau dimana,’’ katanya.

Misalnya, kata Jonan, ada pelabuhan eksisting yang bisa dibesarkan. Jadi, gubernur yang menentukan.

‘’Kalau studi itu urusan kami," katanya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera mengusulkan lokasi alternatif pengganti Pelabuhan Cilamaya ke pemerintah pusat dalam waktu dekat ini.  Saat ini, Pemprov Jabar sendiri masih melakukan pembahasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement