Selasa 14 Apr 2015 15:02 WIB

Menteri Andrinof: Pontianak Mirip Kota Lyon

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.
Foto: Antara
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago mengatakan kota Lyon, Prancis dapat dijadikan sebagai contoh pembangunan Kota Pontianak.

"Bentuk secara alami mirip Lyon dan Pontianak dua sungai ketemu. Jadikan ini kota kembar," katanya usai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Barat di Pontianak, Selasa (14/4).

Dia mengatakan ada wacana awal terkait pembiayaan pembangunan melalui rencana hibah dari Prancis. "Kalau ada gratis ya dipakai sejauh itu untuk kepentingan kita. Penjajakan sudah sudah ketemu duta besar Prancis sudah tertarik," ujarnya.

Secara potensial Kota Pontianak itu luar biasa pertemuan dua sungai, yakni Sungai Landak dan Kapuas di tengah kota. Ini merupakan anugerah luar biasa, katanya. "Kota Lyon itu kita sudah jajaki untuk bahkan sudah kita kirim deputi ke sana ke kota Lyon-nya sudah kita komunikasi dengan pemerintah daerah seperti gubernur dan bupati," tuturnya.

Lebuh lanjut ia mengatakan perlu ada kajian lebih mendalam lagi terkait konsep kota kembar untuk pembangunan kota Pontianak. "Membangun sesuatu butuh proses penjajakan dan kajian," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement